Minggu, 18 Agustus 2013

Permainan Sepakbola



Sepakbola adalah olahraga yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain dan salah satunya adalah seorang penjaga gawang. Masing-masing tim mempertahankan sebuah gawang dan mencoba memasukkan bola ke gawang lawan (Sarumpaet, 1992: 5). Sepak bola merupakan permainan yang memakan waktu selama 2 x 45 menit. Selama waktu satu setengah jam itu, pemain dituntut untuk seanantiasa bergerak dan bukan hanya sekedar bergerak, namun dalam bergerak tersebut masih melakukan berbagai gerak fisik lainnya seperti berlari sambil menggiring bola, berlari kemudian harus berhenti tiba–tiba, berlari sambil berbelok 90 derajat, bahkan terkadang 180 derajat. Melompat, meluncur, beradu badan, bahkan terkadang berlanggar dengan pemain lawan dalam kecepatan yang tinggi.

Permainan sepakbola sendiri merupakan cabang olahraga yang menuntut banyak kreatifitas tehnik serta menuntut keberanian berbuat dan kepercayaan diri seorang pemain. Dalam hal ini penguasaan tehnik dasar serta kemampuan menerapkannya dalam permainan yang lebih diutamakan. Semakin sempurna tehnik dasar seorang, maka dia semakin dapat mengatasi persoalan yang terjadi di lapangan, seperti menghindari serangan lawan. Lebih penting lagi pemain dapat mengangkat kwalitas tim (Syafi’i, 1996: 23).

Sepakbola merupakan cabang olahraga yang bersifat permainan yang menuntut penguasaan beberapa unsur penunjangnya. Unsur-unsur tersebut adalah unsur teknik, fisik, taktik dan mental yang baik. Tentang pentingnya unsur tersebut, Luxbacher (1997: 1) mengemukakan bahwa gerakan pemain yang lancar dan terkontrol mengekspresikan individualitasnya dalam permainan beregu. Kecepatan, kekuatan, stamina, keterampilan dan pengetahuan mengenai taktik, semuanya merupakan aspek yang penting dari penampilan. Berbagai tantangan yang dihadapi oleh pemain mungkin menjadi daya tarik utama dalam permainan ini. 

Untuk menghasilkan seni bermain sepakbola yang tinggi (Perfect Football) pemain dituntut untuk menguasai keterampilan dalam bermain sepakbola yang pada dasarnya dapat dibagi atas :
1. Teknik tanpa bola yaitu keterampilan melakukan gerakan-gerakan tanpa bola baik dalam bentuk lari, lompat, gerak tipu dan lain sebagainya dengan tujuan untuk membuka pertahanan lawan atau memberi kesempatan teman satu tim melakukan aksi perorangan dalam upaya mencetak gol.
2. Teknik dengan bola yaitu keterampilan melakukan aksi dengan bola, misalnya : menendang, menghentikan, menggiring, menyundul bola, menipu lawan atau merampas bola dari kaki lawan yang kesemuanya dilakukan dengan kecepatan tinggi. (Muchtar, 1992: 64)

Oleh karena itu permainan sepakbola merupakan permainan beregu yang menekankan pentingnya kerjasama regu (team work) maka kelihatan seolah olah tehnik dasar tersebut tidak atau kurang nampak, misalnya suatu tim yang memperagakan permainan sekali sentuh (one touch play) dengan tempo tinggi.

Disamping teknik-teknik dasar tersebut di atas, terdapat beberapa faktor lain yang perlu diperhatikan dalam permainan sepakbola yaitu taktik, fisik, dan mental. Menurut Muchtar (1992: 79), taktik atau strategi dalam sepakbola adalah cara penempatan/posisi setiap pemain, ruang gerak serta pembagian tugas dari setiap pemain, baik pada saat menyerang maupun bertahan.

Taktik yang dipakai oleh sebuah tim selalu berubah, tergantung dari kondisi yang terjadi selama permainan berlangsung. Pada intinya ada dua taktik yang digunakan yaitu taktik penyerangan dan taktik pertahanan. Dari beberapa pendapat di atas dikatakan bahwa keterampilan sepakbola adalah suatu kecakapan untuk melakukan gerakan-gerakan dalam sepakbola yang terdiri dari kombinasi tehnik dan fisik serta ditunjang taktik dan motivasi melakukan gerakan. Maka dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa unsur fisik, teknik, taktik dan mental yang harus dimiliki oleh atlet sepakbola. Unsur taktik dan mental juara lebih banyak ditentukan peran seorang pelatih.

Setelah dijelaskan bahwa keterampilan erat kaitannya dengan tingkat kecakapan dan kemahiran khususnya sepakbola, maka perlu ada semacam tes untuk mengukur tingkat keterampilan tersebut. Sehubungan dengan ini, Nurhasan menyebutkan bahwa : tes keterampilan cabang olahraga sepakbola merupakan suatu tes yang akan mengukur keterampilan pada siswa dalam cabang olahraga (Nurhasan, 2005: 3).

1 komentar:

  1. Where to play Luckyland on the Strip | TrickToAction
    Luckyland Casino bet 365 is one of the best in the country and boasts more 파랑새 토토 than 400 slots, 엔트리 파워 사다리 table 파워볼 밸런스 있나요 벳무브 games, and 스포츠토토 적중결과 벳피스트 video poker machines.

    BalasHapus