Minggu, 09 Desember 2012

Bola Tangan (Pengertian dan Teknik Dasar)



Bola tangan merupakan permainan beregu yang menggunakan bola sebagai alatnya, yang dimainkan dengan menggunakan satu atau kedua tangan (Mahendra, 2000). Permainan ini hampir sama dengan permainan bola basket, akan tetapi permainan ini menggunakan gawang futsal untuk mencetak poin. Dapat dikatakan permainan ini merupakan kombinasi antara permainan basket dan futsal. Dalam permainan ini bola dapat dilempar, dipantulkan, atau ditembakkan. Tujuan dari permaian ini adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan mencegah agar tim lawan tidak dapat memasukkan bola ke gawang sendiri (Mahendra, 2000).

Bola tangan dibedakan menjadi dua macam permainan yaitu bola tangan outdoor dan indoor. Pada permainan handball outdoor, menggunakan 11 pemain termasuk dengan kipernya. Sedangkan pada handball indoor menggunakan 7 pemain termasuk dengan kipernya. 

Keterampilan dasar permainan bola tangan wajib dimiliki oleh setiap pemain bola tangan. Mahendra (2000) menyebutkan keterampilan teknik dasar yang wajib dikuasai oleh setiap pemain bola tangan, yaitu:

1. Passing (mengumpan)
a. Dua tangan (two hand)
1) Chest pass
Chest pass merupakan passing yang umum dilakukan pada permainan ini. Umpan ini difokuskan dari dada ke dada teman. Chest pass merupakan awalan untuk pembelajaran teknik dasar permainan bol tangan.

2) Overhead pass
Overhead pass merupakan passing yang dilakukan dari atas kepala dengan tujuan untuk menghindari jangkauan atas lawan. Passing ini juga merupakan awalan untuk pembelajaran teknik dasar permainan bola tangan.

3) Underhand/bounce pass
Underhand pass merupakan passing yang dilakukan dari sekitaran bawah lengan. Passing ini bertujuan untuk menghindari jangkauan lawan. Passing ini juga merupakan awalan untuk pembelajaran teknik dasar permainan bola tangan.

b. Satu tangan (one hand)
1) Javeline/baseball pass
Javeline pass pelaksanaannya harus dilakukan dengan mengikuti prinsip maximum time-distance, yaitu lemparan harus dilakukan dalam waktu yang secepat-cepatnya dengan jarak yang jauh dan membutuhkan sikap lemparan yang maksimum.

2) Side pass
Side pass merupakan passing dengan menggunakan satu tangan dan dilakukan pada samping tubuh pemain. Passing ini berguna untuk mengecoh atau menipu lawan.

3) Reverse pass
Reverse pass merupakan passing dengan melewatkan bola darri belakang tubuh pemain. Passing ini untuk mengecoh atau menipu lawan.

2. Dribble (menggiring)
Dribble merupakan keterampilan yang cukup sulit karena memerlukan koordinasi mata-tangan yang tinggi. Pelaksanaan pantulan antara dribble di tempat dan dribble bergerak memerlukan pentesuaian gaya dan sikap tubuh.

3. Shooting (menembak)
Shooting merupakan lemparan yang bertujuan untuk mencetak poin. Teknik dasar ini sangat vital dalam permainan bola tangan. Maka daripada itu banyak macam-macam shooting yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi pemain saat akan mencetak poin. Macam-macam shooting adalah sebagai berikut:
a. The standing throw shot
b. The jump shot
c. The dive shot
d. The fall shot
e. The side shot
f. The flying shot
g. The reverse shot

2 komentar:

  1. kalo manfaatnya apa ya?

    margahayuland

    blogs.unpas.ac.id/anisamaulina/2013/04/15/42-tahun-perjalanan-margahayuland/

    BalasHapus