Kamis, 14 Maret 2013

Gizi dan Zat Gizi


Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Substansi organik merupakan bagian inti/kandungan dari sebuah organisme seperti karbohidrat dalam nasi, lemak dalam hewan, protein dalam telur, vitamin dalam buah, mineral dalam air. Gizi sendiri berasal dari bahasa arab “Ghiza” yang artinya makanan. Jadi dengan beberapa pengertian tersebut maka Gizi dapat diartikan bahwa unsur yang terkandung dalam makhluk hidup yang dapat dikonsumsi manusia dalam bentuk makanan untuk kelangsungan organisme melakukan fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan.

Zat gizi atau yang sering disebut Nutrients merupakan ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya seperti menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan. Zat gizi yang terkandung dalam makanan sangat beragam dan memungkinkan jumlah dan kandungan zat gizi akan berbeda. Maka anjuran para ahli untuk memakan makanan yang beragam dan tidak over untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

Zat gizi secara umum terbagi menjadi 2 macam, yaitu Makro Nutrients dan Mikro Mutrients. Makro nutrients merupakan zat gizi yang banyak diasup/dibutuhkan oleh tubuh, salah satu fungsinya untuk membentuk energi. Markro nutrients terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikro nutrients adalah zat gizi yang sedikit diasup/dibutuhkan oleh tubuh. Mikro nutrients terdiri dari vitamin dan mineral (+ air).

Menurut sumber nya, zat gizi terbagi menjadi 2 macam yaitu zat gizi hewani dan nabati. Zat gizi hewani merupakan zat gizi yang berasal dari hewan, seperti protein dalam daging. Sedangkan zat gizi nabati adalah zat gizi yang berasal dari tumbuhan, seperti protein dalam tempe.

Secara garis besarnya, zat gizi mempunyai 3 fungsi, yaitu
  1. Memberi energi. Zat gizi yang dapat membentuk energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Karbohidrat menghasilkan 4 kalori, lemak menghasilkan 9 kalori, dan protein menghasilkan 4 kalori. 
  2. Untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Zat gizi yang dominan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh adalah protein, mineral, dan air. 
  3. Mengatur proses tubuh. Dalam tubuh manusia perlu ada pengaturan meabolisme agar tubuh tetap seimbang. Zat gizi yang berperan dalam fungsi ini adalah protein, vitamin, mineral dan air. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar