Sabtu, 22 Desember 2012

Olahraga Tenis



Tenis merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan dari segala tingkatan usia. Bahkan juga dapat dilakukan oleh penyandang cacat dengan tenis khusus bagi mereka. Oleh karena itu tenis cukup mempunyai banyak penggemar dan bagi yang menggelutinya. Menurut Lardner (2000: iii) tenis merupakan latihan yang istimewa, karena latar belakang dan tradisinya tenis mengajarkan etika, sikap mental positif serta penghargaan terhadap aturan-aturan. Permainan ini dilakukan di atas lapangan berbentuk empat persegi yang dipisahkan oleh net, panjang lapangan 23,77m dan lebar 10,97m untuk pemain ganda (double) dan 8,23m untuk permainan satu lawan satu (single). Lapangan tenis lapangan terbuat dari semen, tanah dengan campuran pasir halus (gravel), bahkan dapat dimainkan di atas tanah yang dilapisi batu bata halus. 

Gambar Lapangan tenis 

Klub tenis pertama yang didirikan adalah Leamington di Perancis oleh J.B. Perera, Harry Gem, Dr. Frederick Haynes, dan Dr. Arthur Tompkins pada tahun 1872. Pada masa itu, tenis disebut sebagai pelota atau lawn rackets. Dalam tahun 1874 permainan tenis telah pertama kali dimainkan di Amerika Serikat oleh Dr. James Dwight dan F.R. Sears. Sementara itu, All England Croquet Club pun telah didirikan pada tahun 1868. Dua tahun setelah itu dibukalah kantornya di Jalan Worple, Wimbledon (Wikipedia, 2012: 2)

Dalam bermain tenis dibantu oleh sebuah raket untuk menjalankan bolanya ke daerah lawan. Prinsip dasar dalam bermain tenis adalah memukul bola sebelum atau sesudah memantul dilantai melewati atas net dan masuk ke dalam lapangan permainan lawan. Jadi dapat dikatakan bahwa permainan tenis adalah olahraga yang dilakukan di atas lapangan berbentuk empat persegi panjang dengan meggunakan bola kecil untuk dipukul dengan raket hingga melewati net dan masuk ke daerah lapangan lawan, raket bersenar diperkenalkan pertama kali pada abad ke-15 oleh Antonio dan Scalo, seorang pastur berbangsa Italia. Ia menulis aturan umum bagi semua permainan yang menggunakan bola, termasuk tenis. Majalah Inggris Sporting Magazine menamakan permainan ini sebagai tenis lapangan (lawn tennis). Dalam buku Book of Games And Sports, yang diterbitkan dalam tahun 1801, disebut sebagai tenis panjang. Tenis pada mulanya merupakan permainan masyarakat kelas atas yang terkenal di zaman Ratu Victoria, lalu ditiru oleh golongan menengah, yang menjadikannya sebagai permainan biasa (Wikipedia, 2012: 2) 

Dalam bermain tenis ada beberapa tehnik dasar yang harus dikuasi oleh seorang pemain seperti service, forehand, backhand dan smash, menurut Wikipedia ( 2012: 3) tehnik-tehnik dasar yang harus dikuasai dalam bermain tenis : 1) Forehand : sebuah pukulan dimana telapak tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan. 2) Backhand: sebuah pukulan dimana punggung tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan. 3) Smash: sebuah pukulan keras yang menghantam sebuah bola tanpa menyentuh tanah di atas kepala dan diarahkan ke lapangan sang lawan. 4) Volley: pukulan forehand atau backhand sebelum bola memantul dilapangan. 5) Service: pukulan pertama yang diberikan untuk menandai berlangsungnya suatu permainan.

2 komentar: