Rabu, 02 Januari 2013

Buah Alpukat (Kandungan dan Manfaat)






Alpukat (Avocado) merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Pohon alpukat bisa mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter. Buah alpukat memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut. 

Buah alpukat mudah dicerna sehingga bagus untuk makanan bayi yang mulai belajar mengonsumsi makanan padat/keras. Biah alpukat memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga buah ini sangat baik buat bayi. Mikail (2012 dalam Kompas.com) menjelaskan nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat adalah sebagai berikut: 
  1. Protein. Buah alpukat menyediakan semua 18 asam amino esensial yang diperlukan untuk membentuk protein lengkap. Protein buah alpukat sangat mudah diserap oleh tubuh karena buah alpukat mengandung serat. 
  2. Potassium (kalium). Nutrisi ini dapat menstabilkan tekanan darah.
  3. Lemak bermanfaat. Lemak yang terkandung dalam buah alpukat diantaranya adalah minyak zaitun yang dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Kolesterol HDL dapat membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan dapat membantu mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes. 
  4. Karotenoid. Nutrisi ini mengandung banyak vitamin A yang baik untuk mata. Karotenoid juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan fungsi sistem reproduksi. Karotenoid dalam buah alpukat adalah beta-karoten, alfa-karoten, lutein. 
  5. Anti-inflamasi (anti-peradangan). Buah alpukat mengandung kombinasi vitamin C dan E, korotenoid, selenium, seng, pitosteron, dan omega 3 asam lemak membantu mencegah peradangan. 
  6. Sumber Glutathione. Anti oksidan penting yang oleh para peneliti diketahui dapat mencegah penuaan, kanker dan serangan jantung. 
Nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Manfaat dari kandungan buah alpukat adalah sebagai berikut: 
  1. Menurunkan kolesterol darah. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat meningkatkan HDL. Selain itu, alpukat juga mengandung betasitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat alpukat merupakan makanan yang baik untuk memecah kolesterol. 
  2. Kontrol tekanan darah. Khasiat buah alpukat dapat membantu menjaga tekanan darah, ini karena buah alpukat mengandung potassium yang dapat menstabilkan tekanan darah, terutama dapat mencegah agar tidak terkena serangan darah tinggi. Darah tinggi menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit stroke, penyakit yang membuat tubuh tidak dapat bergerak separuhnya. Tetapi dengan adanya kandungan potassium dalam buah alpukat, serangan darah tinggi, stroke ataupun penyakit penyumbat sirkulasi darah lainnya dapat diminimalisir.
  3. Mengatur gula darah. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang mampu mengembalikan resistensi insulin, sehingga membantu tubuh untuk mengatur gula darah secara teratur. Selain itu, serat makanan di dalamnya juga membantu mempertahankan tingkat gula darah. 
  4. Melindungi dari kanker. ekstrak alpukat dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel prakanker yang dapat memicu kanker mulut. Tapi ekstrak ini juga diyakini mempunyai efek yang sama terjadap jenis kanker yang lainnya. Khasiat buah alpukat yang satu ini menurut beberapa peneliti dihasilkan oleh kandungan folat, vitamin C dan E serta Antioksidan. 
  5. Menjaga kesehatan jantung. Alpukat mengandung vitamin B6 dan folic acid yang membantu mengatur level homocysteine. Level homocysteine yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung. Vitamin E dan glutathione serta lemak tak jenuh juga mampu menjaga jantung tetap sehat. 
  6. Menyehatkan kulit. Minyak alpukat ditambahkan ke banyak kosmetik karena kemampuannya untuk memberi nutrisi pada kulit dan membuat kulit Anda bersinar. Selain itu, buah itu bisa membantu menyembuhkan penyakit kulit psoriasis yang bisa membuat kulit merah dan iritasi. 
  7. Menyehatkan mata. Alpukat adalah sumber terbaik dari karotenoid lutein yang mampu melindungi mata yang berhubungan dengan penuaan dan katarak. 
  8. Memperlambat proses penuaan. Karena kaya akan antioksidan, alpukat juga penting untuk mencegah gejala penuaan. Glutathione dalam alpukat dapat mendorong sistem kekebalan, memperlambat proses penuaan dan mendorong sistem saraf. 
  9. Menghilangkan bau mulut. Buah ini adalah salah satu penghilang bau mulut alami paling baik. Alpukat membersihkan intestine yang menjadi penyebab lidah berlendir dan bau mulut. 
  10. Penyerapan gizi yang baik. Penelitian menemukan bahwa beberapa jenis gizi dapat diserap dengan lebih baik apabila dikonsumsi bersama apokat. Pada sebuah studi, ketika para peserta mengkonsumsi salad yang mengandung apokat, mereka dapat menyerap lima kali jumlah karoten (sekelompok gizi termasuk lycopene dan beta karoten) daripada mereka yang tidak mencampurnya dengan apokat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar