Sabtu, 19 Januari 2013

Permainan Kecil



Menurut Smith bermain adalah dorongan langsung dari dalam diri setiap individu, yang bagi anak-anak merupakan pekerjaan, sedangkan bagi dewasa lebih dirasakan sebagai kegemaran. Fungsi bermain dalam pendidikan adalah menumbuhkan nilai-nilai mental, nilai-nilai fisik dan nilai-nilai sosial.

Dalam kehidupan sehari-hari kita dituntut untuk mematuhi etika hidup, maka dalam bermainpun ada tuntutan untuk mematuhi etika-etika yang ada dalam permainan seperti memiliki kejujuran, dapat bekerja sama yang baik, sportif, tunduk kepada peraturan-peraturan permainan yang telah ditentukan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa melalui kegiatan-kegiatan yang ada dalam permainan banyak fungsi-fungsi kejiwaan dan sifat-sifat kepribadian yang dapat ditanamkan dalam keidupan masyarakat.

Permainan kecil adalah suatu bentuk permainan yang tidak mempunyai peraturan baku, baik mengenai peraturan permainan, alat-alat yang digunakan, ukuran lapangan, maupun lama permainannya. Menurut Nurhasan permainan kecil sendiri dapat disebut pula dengan permainan tradisional karena dalam pelaksanaannya permainan kecil itu sendiri sering diadopsi dari suatu permainan tradisional.

Permainan dan olahraga bertujuan untuk meningkatkan minat siswa agar tertarik terhadap pembelajaran, karena dalam permainan terdapat unsur-unsur yang membuat anak senang dan bahagia. Dalam model pembelajaran dengan menggunakan permainan sebagai bentuk pemanasan tidak akan mengurangi unsur gerak dari siswa karena tujuan dari pemanasan melalui permainan ini adalah untuk menarik perhatian serta minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga.

1 komentar:

  1. The King of Dealer - The King of Dealer
    › › Sports Book › › Sports Book Nov 14, 2021 — Nov 14, 2021 Follow The King of Dealer on mobile, Visit the King of Dealer in the betting section of 카지노 사이트 the website.

    BalasHapus