Senin, 28 Januari 2013

Futsal


Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Futsal dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utaraserta Afrika, Asia, dan Oseania.


Permainan futsal menggunakan lapangan yang rata, halus dan tak abrasif. Lapangan futsal berukuran panjang 25-42 meter dan lebar 16-25 meter. Lingkaran tengah berdiameter 6 meter. Daerah pinalti diukur dari dua garis imajiner 6 meter yang diambil dari masing-masing luar tiang gawang. Kemudian garis imajiner 6 meter ditarik untuk membentuk seperampat lingkaran. Bagian atas dari masing-masing seperempat lingkaran dihubungkan dengangaris 3.16 meter yang sejajar dengan garis gawang. Daerah yang dibatasi oleh garis-garis dan garis gawang adalah area penalti. Titik pinalti ada 2 di tiap-tiap daerah, titik pertama berjarak 6 meter dari garis gawang dan titik kedua berjarak 10 meter dari garis gawang. Zona pergantiaan pemain berjarak 5 meter dari garis tengah pada sisi tribun pemain.



Jumlah pemain dalam permainan futsal adalah 5 pemain termasuk kiper dan maksimal 7 pemain cadangan. Permainan tidak akan dilaksanakan apabila dalam satu tim terdiri dari 2 pemain atau kurang. Pergantian pemain dalam futsal tidak terbatas dengan metode pergantian melayang. Pergantian melayang adalah pergantian yang aturannya semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja, pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit.

Durasi permainan futsal yaitu dengan menggunakan 2 babak yang setiap babak berdurasi 20 menit. Lama istirahat antar babak maksimal 10 menit. Apabila dalam durasi diatas skor masih imbang, maka akan dilakukan perpanjangan waktu dengan 2 babak yang masing-masing babak berdurasi 5 menit. Jika dalam perpanjangan masih menghasilkan skor yang sama, makan akan dilakukan adu pinalti dengan jumlah tembakan maksimal 5 kali dalam 1 tim. Dalam permainan futsal tiap tim mempunyai hak untuk meminta 1 time out dalam 1 babak dengan lama waktu time out adalah 1 menit perbabak.

2 komentar:

  1. The King Of Dealer
    Discover The King Of Dealer's original 10-track stereo digital label by The King of Dealer. You may also like: Top Ways to Play; Top 우리카지노 Ways to Play

    BalasHapus
  2. How to find the best app to play slots in my phone

    BalasHapus