Minggu, 09 Desember 2012

Teknik Shooting Bolabasket


1. Pandangan
Pada saat akan menembak ke sasaran, pusatkan mata pada titik sasaran, bisa dibagian belakang dari ring, atau tepat pada sisi muka lingkaran bagian depan, atau pada samping papan. Konsentrasi pada titik sasaran dan jangan mengikuti gerakan bola atau tangan penjaga. Konsentrasi pada titik sasaran dapat mengurangi gangguan seperti : teriakan, tangan lawan atau pelanggaran.

2. Keseimbangan
Keseimbangan memberikan tenaga dan kontrol irama tembakan. Posisi kaki adalah dasar keseimbangan dan menjaga kepala segaris dengan kaki sebagai kontrol keseimbangan. Tekuk kaki, ini akan memberikan tenaga penting untuk tembakan, terutama bagi pemain pemula.

3. Posisi Tangan
Tempatkan tangan yang tidak menembak di bawah bola, berat bola seimbangkan oleh dua jari yaitu jari manis dan kelingking. Tempatkan tangan yang menembak secara langsung di belakang bola, jari telunjuk di titik tengah dan bola dilepaskan dari jari telunjuk. Menempatkan tangan yang menembak tepat di belakang bola dan menempatkan tangan yang tidak menembak di bawah bola supaya menjaga keseimbangan.

4. Persejajaran Siku Bagian Dalam
Pegang bola di depan dan di atas bahu untuk menembak, antara telinga dan bahu, pertahankan siku-siku tetap di dalam saat siku anda di dalam, bola sejajar dengan basket, tekuk siku lengan saat memutar lengan bagian bawah dan pergelangan keluar dan ke atas, sehingga bola berada di atas telapak tangan dan di atas bahu dengan pergelangan tangan mengarah ke belakang. Bahu adalah sebagai engsel, siku lengan mengarah ke ring basket dan antara lengan bawah dan telapak tangan membentuk huruf “L” jika dilihat dari samping. Siku lengan berada di sisi dalam dan mengarah ke ring basket.

5. Irama Menembak
Irama menembak adalah sinkronisasi/ keterpaduan antara kaki, pinggang, bahu, siku tembak, kelenturan pergelangan, dan jari tangan saat melakukan tembakan. Jump shot harus disertai lompatan dan kemudian pada puncak lompatan tembakan bola dengan lengan, pergelangan dan jari dengan seluruh tenaga. Angkat bola secara serentak dengan kaki, punggung dan bahu anda seakan melayang di udara ketika melepaskan bola.

6. Follow-Through
Follow-through sangat penting untuk memperoleh putaran bola yang baik. Dengan follow-through yang baik, telapak tangan akan menghadap ke bawah ke arah lantai. Pertahankan pandangan pada sasaran dan lengan tetap di atas pada posisi penyelesaian follow-through sampai bola menyentuh ring lalu bersikap kembali untuk rebound atau masuk pada posisi bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar