Sabtu, 08 Desember 2012

Fase-fase Perkembangan Motorik Manusia



Perkembangan manusia merupakan proses dimana manusia itu mengalami peningkatan jasmani dan rohani. Proses peningkatan tersebut mempunyai tahapan-tahapan atau fase-fase yang digunakan untuk mengidentifikasi ciri perkembangan manusia. Banyak pakar membagi tahapan/fase perkembangan ke dalam beberapa bentuk berdasakan ciri-ciri khusus pada tiap fase perkembangan. Payne dan Isaacs (1999) membaginya dalam tahapan sebagai berikut :

Prenatal : Sejak konsepsi samai kelahiran. Periode ini merupakan masa pertumbuhan yang luar biasa dari satu sel tunggal hingga menjadi organisme yang sempurna dengan kemampuan otak dan perilaku, yang dihasilkan kira kira dalam periode 9 bulan (PZ, 2009).
- awal : Saat pembuahan sampai 2 minggu. 
- embrio : 2 sampai 8 minggu
- janin : 8 minggu sampai kelahiran

Neonatal : Sejak lahir sampai usia 22 hari. Neonatal atau neonatus adalah masa kehidupan pertama diluar bayi sampai dengan usia 22 hari. Dalam fase ini terjadi perubahan yang sangat besar yaitu pematangan organ hampir pada semua sistem (Zuama, 2012). 

Bayi : Sejak lahir sampai usia satu tahun. Bayi merupakan periode perkembangan yang merentang dari kelahiran hingga 18 atau 24 bulan. Masa bayi adalah masa yang sangat bergantung pada orang dewasa. Banyak kegiatan psikologis yang terjadi hanya sebagai permulaan seperti bahasa, pemikiran simbolis, koordinasi sensorimotor, dan belajar sosial. Pada usia 6 bulan, gigi pertama bayi akan tumbuh yang disebut gigi susu. Setelah sekitar usia 6 tahun, gigi susu akan tanggal secara bergantian dan digantikan oleh gigi tetap. Seiring dengan bertambahnya usia, bayi akan belajar duduk, merangkak, berdiri dan berjalan. Otak tumbuh membesar dan bayi mulai berbicara. Umumnya bayi mulai berjalan dan berbicara sekitar usia satu tahun.

Tooddlerhood : Satu sampai empat tahun. 

Kanak-kanak awal : Empat sampai tujuh tahun.

Kanak-kanak tengah : Tujuh sampai sembilan tahun.

Kanak-kanak akhir : Sembilan sampai 12 tahun.

Remaja : 12 sampai 20 tahun (laki-laki) dan 10 sampai 18 tahun (Perempuan).

Dewasa awal : 20 sampai 40 tahun.

Dewasa tengah : 40 sampai 60 tahun.

Dewasa akhir : 60 tahun sampai kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar